ASL, Ice Bucket Challenge

icebucket_sm

Baru-baru ini lagi heboh soal ASL, Ice Bucket Challenge. Nah sebenernya pada tau gak sih maksud dari kegiatan ASL, Ice Bucket Challenge yang ngebuat para Artis dan tokoh-tokoh ternama lainnya mau ikutan sama kegiatan yang dimulai bulan Juni ini.

Sedikit penjelasan tentang ASL :

Sklerosis lateral amiotrofik (Lou Gehrig’s disease, motor neuron disease, amyotrophic lateral sclerosis, ALS) adalah penyakit saraf yang menyerang neuron yang mengendalikan otot lurik.

Neuron motorik terletak di dalam otak, batang otak dan sumsum tulang dan berfungsi sebagai unit pengendali dan komunikasi yang menghubungkan sistem saraf dengan otot lurik. Sinyal motorik yang dibawa neurotransmiter dari neuron motorik di dalam otak, yang dikenal sebagai “neuron motorik atas”, diteruskan ke neuron motorik pada sumsum tulang, yang dikenal sebagai “neuron motorik bawah”, dan diteruskan lebih lanjut ke otot lurik bersangkutan. Neuron motorik atau sering disebut motoneuron, merupakan neuron yang berfungsi di bawah kendali sinaptotrofik dari NGF.

ICE BUCKET CHALLENGE :

Facebook mengatakan bahwa selama 1 Juni hingga 17 Agustus lebih dari 28 juta orang membicarakan tantangan tersebut di jaringan sosial, dan 2,4 juta video telah diposting.

Fenomena ini dapat dikaitkan dengan Pete Frates, atlet asal Boston yang berjuang dengan ALS dan menjadikan “Ice Bucket Challenge” sensasi untuk penggalangan dana virus tersebut.

Dana yang terkumpul mulai 29 Juli hingga 19 Agustus sebesar 22,9 juta dolar. Jauh lebih besar dibandingkan dengan tahun lalu sebesar 1,9 dolar dalam periode yang sama.

“Kita harus berhati-hati dalam pengambilan keputusan tentang bagaimana dana akan digunakan sehingga ketika orang melihat kembali acara ini pada 10 atau 20 tahun yang akan datang, Ice Bucket Challenge akan dilihat sebagai game-changer nyata untuk ALS, “kata presiden asosiasi Barbara Newhouse, seperti dikutip AFP.

Sekitar 30.000 orang Amerika mengidap ALS yang menyerang sistem saraf dan akhirnya membuat lumpuh. Sekitar 5.600 kasus ALS baru didiagnosa setiap tahun di Amerika Serikat.

Internet telah membantu menaikkan dukungan untuk penyakit tersebut, terutama memungkinkan organisasi untuk meningkatkan dana.

Beberapa ahli berpendapat bahwa gerakan ini fenomenal karena merupakan perpaduan antara ‘narsis’ dan pemberian nama yang unik untuk tantangan tersebut.

“Fenomena Ice Bucket Challenge mendunia karena campuran ampuh selebriti, kesederhanaan, dan komedi,” kata sosiolog Jen Schradie, seorang kandidat doktor di University of California, Berkeley.

“Saya ragu kebanyakan orang yang berpartisipasi apakah mengetahui apa itu ALS, dan itu merupakan masalah clicktivism: tidak memiliki pemahaman yang mendalam atau pemikiran jangka panjang mengenai suatu penyebab,” tambahnya, demikian AFP.

So, udah tau dong apa itu ASL dan kenapa banyak yang mau gabung ICE BUCKET CHALLENGE? Meski terkesan seru-seruan karena harus mengapload video saat melakukan ICE BUCKET CHALLENGE ini, setidaknya kita harus tau bahwa kegiatan ini adalah hal baik dalam suatu bentuk kepedulian terhadap sebuah penyakit.

Sumber:

Wikipedia Indonesia 

antaranews.com

~ by Julz on August 22, 2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: